setel klep jupe z - Buku Motor

setel klep jupe z

kali ini kita belajar menyetel klep jupi z...kita anggap semua tau melepas sayap2 dari jupi z....
oke langsung saja
Ikuti prosedur penyetelan kelonggaran Klep

CATATAN:
  •  Menyetel kelonggaran Klep, sebaiknya dalam kondisi mesin dingin .
  •  Pada saat menyetel kelonggaran Klep, Piston harus pada posisi Titik Mati Atas (TMA) pada langkah Kompresi.

1. Buka:(pasti tau dong caranya)
  •  panel tengah
  •  cowling depan (kiri dan kanan)
2. Buka:
  •  penutup tappet (sisi pemasukan) 1
  •  penutup tappet (sisi pembuangan) 2
  •  penutup sprocket camshaft 3 (dengan O-ring)...biasanya ini ga dilakukan oleh bengkel


3. Buka:
  •   plug penutup timing 1 (dengan O-ring)
  •   plug tengah 2 (dengan O-ring)

4. Ukur:
  •  kelonggaran klep
Diluar spesifikasi → Setel.    Kelonggaran Klep (dingin)
    Klep masuk 0.05 ~ 0.09 mm
    Klep buang  0.08 ~ 0.12 mm 


CARA PENYETELAN KLEP
a. Putar poros engkol berlawanan jarum jam.


b. Pada saat Piston mencapai TMA, pada langkah Kompresi, tanda garis “I” huruf a pada camshaft        sprocket segaris dengan segitiga b yang terdapat pada cylinder head.
c. Tepatkan tanda garis c pada generator rotor dengan pointer d yang terdapat pada penutup crankcase.


d. Ukur kelonggaran klep dengan thickness gauge 1.
    Diluar spesifikasi → Setel.





5. Setel:
• kelonggaran klep
a. Kendorkan mur pengunci 1.
b. Masukkan thickness gauge 2 diantara ujung baut penyetel dan ujung batang klep.
c. Putar baut penyetel (3) kearah (a) atau (b) hingga di dapat spesifikasi yang sesuai.




selanjut tinggal beresin dah


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel