TEntang kopling Jupiter Z - Buku Motor

TEntang kopling Jupiter Z

untuk mngganti kampas kopling Jupiter Z

Pastikan  Oli mesin telah terkuras,knalpot, Pijakan kaki, Pedal Rem,Tuas kickstarter, bak magnet dan semua yang mengganggu proses ini telah terlepas

Buka lengan pelepas kopling (1)

Buka
  • baut plat penekan kopling(1), 
  • per kopling dan plat penekan kopling (2)
"Kendorkan semua Baut dengan 1/4 putaran dengan pola silang dan selanjutnya buka baut secara merata"


5. Lepaskan
  • thrust bearing 1, batang penekan kopling #1 (2), 
  • kampas kopling (3), 
  • plat kopling #1 (4), 
  • plat kopling #2 (5) (dengan per)


6. Luruskan washer pengunci Mur
7. Kendorkan Mur boss kopling (1)
Tahan Boss kopling 2 dengan alat universal -clutch holder (3), Lepaskan Mur Boss Kopling
8. Lepas Mur
  • boss kopling (1), 
  • Washer pengunci (2), 
  • Boss kopling (3), 
  • washer (4), 
  • Rumah kopling (5), 
  • collar 96), 
  • spacer (7), 
  • Batang penekan kopling #2 (8)


 9. Lepas
  • Mur rumah sepatu kopling (1), 
  • washer
 Lepas Mur rumah sepatu kopling dengan menahan generator rotor 2 dengan alat sheaveholder (3)
 Jangan sampai sheave holder menyentuh nok/projection pada generator rotor.





10.Lepas
  • collar (1), 
  • rumah sepatu kopling (2), 
  • washer (3), 
  • rollers (4), 
  • Per cage (5), 
  • cage (6), 
  • Boss rumah sepatu kopling (7)
  • sepatu kopling (8)

MEMERIKSA KAMPAS KOPLING
ikuit prosedur memeriksa Kampas Kopling dibawah ini :
1. Periksa:
• kampas kopling---->Rusak/Aus → Ganti Kampas kopling satu set.
2. Ukur:
• ketebalan kampas kopling---->Diluar spesifikasi → Ganti kampas kopling satu set.
CATATAN
Ukur ketebalabn Kampas Kopling semuanya Ketebalan Kampas Kopling 2.7 ~ 2.9 mm
<Limit>: 2.6 mm

MEMERIKSA PLAT KOPLING
Prosedur pemeriksaan Plat kopling
1. Periksa:
• Plat Kopling --->Aus/Rusak → Ganti Plat Kopling satu set.
2. Ukur:
• permukaan plat kopling (pada meja rata dan alat stickness gauge (1)
Diluar spesifikasi → Ganti Plat Kopling satu set.
Kebengkokkan plat kopling: 0.05 mm


MEMERIKSA PER KOPLING
Prosedur memeriksa Plat Kopling
1. Periksa Per Kopling------>Rusak → Ganti Per Kopling satu set.
2. Ukur: panjang per kopling (a)---->Diluar spesifikasi → Ganti per kopling satu set.
Panjang Per Kopling: 30.3 mm
<Limit>: 28.3 mm

MEMERIKSA RUMAH KOPLING
1. Periksa alur pengait rumah kopling--->Rusak/Aus → Ratakan alur rumah kopling
atau ganti rumah kopling.
Ausnya alur rumah kopling disebabkan oleh cara kerja kopling yang di hentak-hentakkan
2. Periksa bearing--->Longgar/Aus → Ganti Bearing dan rumah kopling.


MEMERIKSA BOS KOPLING
1. Periksa alur bos kopling--->Rusak/Aus → Ganti Bos Kopling
Aus pada bagian alur bos kopling, disebabkan cara pemakaian yang di-hentak hentakkan.


MEMERIKSA PLAT PENEKAN KOPLING
1. Periksa plat penekan kopling--->Rusak/Aus → Ganti


MEMERIKSA PENEKAN KOPLING #2
1. Periksa batang penekan kopling #2--->Retak/Aus → Ganti batang penekan kopling #2.
2. Ukur kebengkokkan batang penekan kopling #2--->Diluar spesifikasi → Ganti batang penekan kopling#2.
Kebengkokkan batang penekan #2 0.5 mm


MEMERIKSA PRIMARY DRIVEN GEAR
1. Periksa:
  • primary drive gear (pada bagian rumah kopling centrifugal)
  • primary driven gear(pada bagian rumah kopling)
Rusak/Aus → Ganti rumah kopling Centrifugal dan rumah Kopling satu set.
Timbul suara berisik/Noise yang keras → Ganti rumah kopling Centrifugal dan
rumah kopling satu set.


RUMAH KOPLING CENTRIFUGAL
1. Periksa: rumah sepatu kopling--->Rusak/Aus → Ganti.


2. Ukur diameter dalam rumah kopling (a) Diluar spesifikasi → Ganti
Diameter dalam rumah kopling :105 mm
<Limit>: 106 mm

 MEMERIKSA CAGE
1. Periksa:
  • cage 1-->Rusak/retak/Aus → Ganti
  • rollers 2--->Aus/Oval → Ganti
  • Per cage 3 --->Aus/lemah → Ganti

 



 MEMERIKSA LENGAN PELEPAS KOPLING/SHIFT ARM
1. Periksa:
  • lengan pelepas kopling 1--->Rusak /Aus → Ganti
  • baut penyetel kopling 2 --->Rusak/Aus → Ganti

 MEMASANG KOPLING
1. Pasang:
  •  washer
  • cage 1
  • per cage 2
  • rollers 3
  • Bos rumah sepatu kopling 4



2. Kencangkan:

  •  Mur rumah sepatu kopling 1
CATATAN
  • Tahan rotor generator 2 dengan alat sheave holder 3, kencangkan Mur rumah sepatu kopling.
  • Jangan sampai sheave holder menyentuh nok/projection pada bagian rotor generator

3. Pasang:

  •  batang penekan kopling #2 (1)
  •  spacer (2)
  • collar (3)
  • rumah kopling (4)
  • washer (5)
  • bos kopling (6)
  • washer pengunci (7)
  • mur bos kopling (8)
4. Kencangkan:
  •  Mur bos kopling 1
Tahan bos kopling 2 dengan universal clutchholder 3, kencangkan mur bos kopling.


5. Bengkokkan washer pengunci pada bagian sisi mur yang rata.
6. Lumasi:
  • kampas kopling
  • plat kopling #1
  • plat kopling #2
(dengan oli yang disarankan)

7. Pasang:

  •  kampas kopling
  •  plat kopling #2(dengan per)
  •  plat kopling #1
Pertama pasangkan kampas kopling dan selanjutnyabergantian plat kopling dan kampas kopling
70 Nm (7.0 m · kg)

8. Pasang:
  •  per kopling
  • plat penekan kopling (1)
  • baut plat penekan kopling (2)
Kencangkan baut plat penekan kopling dengan pola silang




sekarang tinggal pasang bak kopling plus setel kopling

TUNGGU EPISODE BERIKUTNYA


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel